Connect with us

Nah Lo, Ribuan Orang Alami Gangguan Jiwa di Aceh Utara

News

Nah Lo, Ribuan Orang Alami Gangguan Jiwa di Aceh Utara

ACEH UTARA | Sebanyak 2.516 warga dari 593.492 jiwa di Kabupaten Aceh Utara tercatat mengidap gangguan jiwa. Orang dengan gangguan jiwa (OGDJ) ini dengan rincian 1.154 warga harus dibantu oleh keluarga untuk minum obat, 769 masih mengonsumsi obat, 562 sudah mandiri dan bisa minum obat sendiri, dipasung sebanyak 14 orang.

“56 orang diantaranya masih dirawat intensif,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmida, dihubungi Kamis (21/2/2019). Dia menyebutkan, tim Dinas Kesehatan Aceh Utara terus membunjuk keluarga agar tidak memasung penderita gangguan jiwa.

BACA JUGA : Mayat Pria Ditemukan di Laut Aceh Utara

Selain itu, penanganan penderita gangguan jiwa dilakukan bersama dengan para camat di 27 kecamatan dalam kabupaten itu. “Misalnya ada penderita gangguan jiwa, segera ditangani di Puskesmas dulu, setelah itu baru diperiksa dan diputuskan apakah harus dirujuk atau bisa ditangani di Aceh Utara,” sebutnya.

Dia menyatakan, jika ada gangguan jiwa, sambungnya harap segera berkoordinasi dengan Puskesmas. “Jika ada penderita gangguan jiwa yang kambuh, bisa hubungi Puskesmas dan polisi. Agar bisa segera ditangani dan tidak mengakibatkan kerusakan atau melukai orang lain,” pungkasnya.

Sebelumnya, 13 Februari 2019 lalu, dua warga di yaitu Kepala Desa Idris Mahmud (53) dan Nurdin Usman (55) di Desa Singgah Mata, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara dibacok oleh penderita gangguan jiwa Zulfikar. Keduanya dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara. |KCM

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

More in News

To Top