Terhubung dengan kami

Libur Imlek 2023, Minat Wisatawan ke Aceh Tinggi

Wisata

Libur Imlek 2023, Minat Wisatawan ke Aceh Tinggi

ACEH UTARA – Minat wisatawan dari luar Provinsi Aceh untuk menghabiskan libur panjang 21-23 Januari 2023 di Provinsi Aceh. Pemerintah menetapkan cuti bersama pada 23 Januari 2023 tahun ini disebabkan Hari Raya Imlek.

Direktur Operasi Arabia Group Hospitality Banda Aceh, Iwan Wahyudi, per telepon, Sabtu (21/1/2023) menyebutkan, sejumlah proferti hotel milik group itu kini mulai dipesan wisatawan asal Pulau Sumatera.

Dia mencontohkan, untuk Grand Renggali Takengon, Aceh Tengah sudah okupansi mencapai 100 persen. “Sedangkan Grand Arabia dan Arabia Banda Aceh sudah 75 persen kamar dipesan. Untuk satu hotel di Sabang sudah penuh pemeasan,” kata Iwan.

Dia menyebutkan, Sabang, Aceh Tengah dan Banda Aceh, merupakan tempat favorit wisatawan luar Pulau Aceh. Mereka sambung Iwan, kerap menghabiskan hari libur bersama keluarga di tiga daerah tersebut.

“Untuk Abraj Rooptoop kami sudah penuh semua pemesanan. Ini penting dukungan promosi dari pemerintah, agar destinasi wisata kita di Aceh tumbuh terus,” terangnya.

Wisatawan di salah satu kafe Gunung Salak, Kabupaten Aceh Utara.
BAKATA.id/MASRIADI SAMBO

Hal senada disebutkan, Indra, General Manager Grand Bayu Hill Hotel, Aceh Tengah. Dia menyebutkan, hotel yang dipimpinnya masih menyediakan kamar bagi wisatawan.

“Kalau kita di Aceh Tengah itu sebagian besar wisatawan luar yang masuk. Kalau warga lokal, sebagian besar malah memilih keluar saat libur seperti ini,” terangnya.

Dia berharap dukungan pemerintah untuk mempromosikan Aceh Tengah sebagai salah satu destinasi unggulan di Provinsi Aceh terus dilakukan. Sehingga industri pariwisata di dataran tinggi Gayo itu tumbuh dan menciptakan lapangan kerja.

“Kami imbau wisatawan memang jauh-jauh hari melakukan pemesanan. Sehingga bisa dipastikan tersedia kamar yang nyaman untuk berlibur ke sejumlah destinasi di Aceh Tengah,” pungkasnya.

|KOMPAS

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Artikel lain dalam Wisata

Ke Atas