Terhubung dengan kami

Aceh Utara Terendam Banjir, Ini Langkah Cek Mad

Uncategorized

Aceh Utara Terendam Banjir, Ini Langkah Cek Mad

 

ACEH UTARA | Sebanyak lima desa terpaksa mengungsi ke dataran lebih tinggi akibat banjir yang merendam Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, sejak kemarin hingga hari ini, Sabtu (2/10/2021). Mereka mengungsi dari Desa Tanjong Awe, Tanjong Masjid, Tanjong Rengkam, Mancang dan Desa Teupin Raya, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, menyebutkan total pengungsi sebanyak 380 kepala keluarga atau 640 jiwa. Plt Kepala BPBD Aceh Utara, Muzani kepada wartawan menyebutkan, sebanyak dua tanggul jebol di Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

“Panjang tanggul jebol itu sekitar 75 meter,’ sebut Muzani.

Dia menyebutkan, pengungsi berada di empat titik di Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Dua dapur umum telah didirikan.

“Bantuan masa panik berupa bahan makanan sudah didistribusikan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib dihubungi terpisah, menyebutkan dirinya sudah mengintruksikan Dinas Cipta Karya, Aceh Utara untuk mendata kerusakan tanggul jebol dan menanganinya secara darurat.

“Jika kita mampu langsung tangani, jika tidak segera laporkan dan kita minta bantuan ke Pemerintah Provinsi Aceh,” terang pria akrab disapa Cek Mad ini.

Terpenting, fokus pemerintah saat ini, menangani pengungsi korban banjir. Apalagi, curah hujan berpotensi membuat banjir meluap ke kecamatan lainnya.

“Sekarang mulai membaik di Kecamatan Samudera. Namun, kita harus siaga. Saya intruksikan BPBD Aceh Utara, Dinas Sosial, dan Dinas Cipta Karya bekerjasama menangani banjir,” pungkasnya.

Sebelumnya banjir mengakibatkan jalanan lintas nasional terendam. Selian itu, kerusakan lainnya satu rumah dilaporkan roboh dan ratusan masyarakat mengungsi.

|KCM

Baca selengkapnya

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas