Terhubung dengan kami

Nah Lo, TNI Gagalkan Penyelundupan 14 Warga Rohingya ke Medan

Polhukam

Nah Lo, TNI Gagalkan Penyelundupan 14 Warga Rohingya ke Medan

LHOKSEUMAWE – Tim Kodim 0103 Aceh Utara, berhasil menggagalkan aksi penyeludupan warga Rohingya di ditampung sementara di Kamp BLK Kandang, Kota Lhokseumawe.

Komandan Kodim, 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kristianto, Sabtu (21/11/2020) menyebutkan tim TNI sebagai petugas piket di kamp itu menggagalkan 14 warga Rohingya yang akan kabur dari kamp.

“Mereka akan dibawa oleh delapan orang. Delapan ini berhasilditangkap TNI yang bertugas di kamp,” kata Letkol Oke pada wartawan di Lhokseumawe.

Dia merincikan, delapan orang yang diduga jaringan perdagangan orang itu yakni DA (25) laki- laki warga Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Lalu ZA (20) merupakan warga Rohignya yang telah lama di Medan, dan JR (23) warga Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, diduga berperan membantu sopir angkutan sewa jenis minibus toyota Avanza yang dirental untuk membantu DA untuk membawa kabur wanita etnis Rohingya tersebut.

“Semalam ada dua kelompok orang yang kita tangkap di waktu yang berbeda, kedua kelompok tersebut sepertinya tidak saling kenal namun tujuan yang sama untuk membawa kabur wanita etnis Rohingya di kamp BLK,” ujar Letkol Oke.

Sementara kelompok ke dua adalah, pasangan suami istri berinisial AM dan SA istrinya asal Medan. Selain itu pasangan suami istri lainya yakni SR dan istrinya SU asal Medan dan satu lagi adik ipar dari AM asal Medan.

“Semua mereka kita serahkan ke Polres Lhokseumawe untuk penyidikan lebih lanjut. 14 warga Rohingya itu juga diserahkan ke Polres,” kata Oke.

Sebelumnya, TNI juga menangkap jaringan perdagangan orang. Bahkan, polisi sudah menetapkan dua orang menjadi tersangka dalam kasus itu.

|RIL|KCM

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas