Terhubung dengan kami

Ini Lokasi Rapid dan Swab Test Gratis di Aceh Utara

News

Ini Lokasi Rapid dan Swab Test Gratis di Aceh Utara

ACEH UTARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara menuntuk lima Puskesmas yang bisa melayani rapid test virus Covid-19 atau corona secara gratis. Kelima Puskesmas itu yakni Puskesmas Lhoksukon, Tanah Jambo Aye, Samudera, Syamtalira Bayu, dan Kecamatan Muara Batu. Sedangkan untuk swab test gratis hanya dilakukan di Puskesmas Lhoksukon, Aceh Utara.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan, Dinkes Aceh Utara, Ferianto, dihubungi per telepon, Jumat (20/11/2020), menyebutkan seluruh Puskesmas yang ditunjuk melayani rapid test itu bisa digunakan masyarakat secara gratis.

“Jadi tinggal datang saja ke Puskesmas buat rapid test. Apalagi jika ada riwayat kontak langsung dengan pasien positif corona. Itu harus segera inisiatif sendiri buat ikut rapid test,” sebut Ferianto.

Sedangkan untuk swab test, sambung Ferianto, butuh waktu sekitar lima hari untuk mengetahui hasilnya. Pasalnya, sampel swab test akan dikirim ke Balitbangkes RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh.

“Untuk swab test harus sehari sebelumnya mendaftarkan diri dulu ke Puskesmas Lhoksukon. Jadi tidak bisa langsung datang, lalu hari itu juga ditangani,” katanya.

Bahkan, jika ada masyarakat yang ingin berpergian dan disyaratkan membawa hasil swab test, sambung Feri juga boleh menggunakan layanan gratis di Puskesmas Lhoksukon, Aceh Utara.

 

“Terpenting itu, kita ingatkan masyarakat pro aktif menjaga diri dan keluarga agar tak terpapar virus ini. Protokol kesehatan itu harus dipatuhi, menjaga jarak, mengenakan masker, dan rajin mencuci tangan,” pungkasnya.

 |KCM|MS

 

Baca selengkapnya
Rekomendasi...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas