Terhubung dengan kami

Yuk, Coba Sensasi Berkeliling Danau Laut Tawar

Wisata

Yuk, Coba Sensasi Berkeliling Danau Laut Tawar

ACEH TENGAH – Hari itu, udara mendung di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (25/10/2020). Mendung menggantung sejak pagi. Di dermaga kota, terlihat speed boat terparkir rapi. Hanya dua speed boat milik warga lokal.

Di sana lah tempat wisatawan untuk mengelilingi Danau Laut Tawar, sebagian masyarakat menyebutnya Lut Tawar.

Siang itu, Heri, pemilik speedboat baru saja berkeliling danau di dataran tinggi itu. Dia menyisir dermaga ke dermaga. Mencari wisatawan yang ingin berkeliling danau. Merasakan sensasi debur ombak Laut Tawar.

“Silakan naik Bu. Aman kok,” kata Heri, menawarkan pada wisatawan yang melihat ke sisi dermaga.

“Hanya Rp 20.000 per orang,” sambungnya lagi.

Di speedboat itu Heri menyediakan pelampung berbagai ukuran, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Semua penumpang wajib mengenakan pelampung. “Untuk danau itu gampang melihat ombaknya. Kalau bagian dekat kota tenang, berarti bagian paling ujung itu agak gelombang tinggi. Begitu juga sebaliknya. Tinggal lagi, kita memilih parkir di dermaga mana, agar dapat wisatawan,” terangnya.

Lalu, sekeluarga kecil pun menaiki boat itu. Terdiri dari dua anak dan pasangan suami-istri. Total, enam penumpang bisa ditampung speedboat itu.

Dia pun mulai membawa penumpang ke tengah laut. Jika ada anak-anak, kecepatannya diperlambat. “Kalau ada penumpang yang mau kita kencang, saya siap kencang. Karena sensasinya ketika ombak melewati speedboat,” katanya.

Dua bulan terakhir, suasana wisatawan mulai normal. Sesuai anjuran pemerintah, penerapan kebiasaan baru memang telah di lakukan pemerintah lokal. Di sanalah obyek wisata mulai dibuka.

“Dulu, sejak Maret 2020 itu ditutup total. Pemerintah tak mau ada destinasi wisata yang buka. Takut jadi kluster penyebaran virus. Itu saya hancur, tak pendapatan sama sekali. Sekarang sudah mulai agak normal, walau belum seperti dulu,” terangnya.

Speedboat melaju pelan. Sesekali dua anak itu berteriak ketika tangan menyentuh air danau.

Mereka terlihat gembira. Sekitar 10 menit berkeliling danau, Heri kembali mengarah ke dermaga. Menariknya dia menjelaskan beberapa lokasi dermaga terdekat. Dermaga itu umumnya sekaligus lokasi wisata.

“Semoga corona ini segera selesai. Agar wisatawan normal kembali. Agar pendapatan saya juga normal. Ini bisnis yang menguntungkan jika banyak wisatawan,” katanya.

Sedangkan seorang penumpang, Rina Sarina, menyebutkan awalnya sempat takut menaiki speedboat. Namun setelah speedboat melaju tidak begitu terasa ombak danau.

“Mungkin kalau tidak bawa anak, bisa kita coba yang kencang. Agar lebih seru,” pungkasnya.

Nah, jika Anda ke Kabupaten Aceh Tengah. Silakan coba sensasi berkeliling danau. Bisa pula menyewa speedboat per jam atau per hari. Agar Anda bisa berkeliling sepuasnya.

|KCM

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas