Connect with us

Nah Lo, Aceh Dilanda Kabut Asap

News

Nah Lo, Aceh Dilanda Kabut Asap

BANDA ACEH | Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh mulai diselimuti kabut asap, sejak Sabtu (27/7/2019). Penyebabnya diduga berasal dari kebakaran hutan dan dan lahan ( karhutla) di Aceh Barat.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda Zakaria, dihubungi per telepon, Minggu (28/7/2019)  mengatakan sejumlah daerah yang terkena kabut asap yaitu Kabupaten Nagan Raya, Aceh Singkil, Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Jaya.

Kabut asap itu sambung Zakaria mulai meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Subulussalam, Kota Lhokseumawe, Aceh Tengah dan wilayah Pidie yang berada di kawasan pegunungan. “Kabut asap ini disebabkan karena adanya kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah, yaitu di sehingga meluas ke daerah lain,” ujar Zakaria.

Penyebab meluasnya kabut asap tersebut, diakibatkan karena adanya pusaran angin di sebelah selatan Pulau Simeulu, sehingga berputar dan asap mulai menyebar ke wilayah lainnya. Apabila dilihat dari arah angin, maka berpotensi menyebar ke seluruh wilayah di Aceh.

Dia menyebutkan jarang pandang di dekat lokasi kebakaran lahan sekitar lima meter. “Semoga saja masalah kabut asap ini bisa segera selesai,” pungkas Zakaria. |KCM

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

More in News

To Top