Connect with us

Yuk Lihat Wisuda Drive Thrue Politeknik Lhokseumawe

Edukasi

Yuk Lihat Wisuda Drive Thrue Politeknik Lhokseumawe

Lhokseumawe – Untuk pertama kalinya kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Aceh menggelar wisuda dengan sistem drive thru. Uniknya, ada wisudawan datang menggunakan becak dayung yang sudah dihias.

Acara wisuda Program Sarjana Terapan dan Program Diploma III secara drive thru dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu (28-29/11/2020), di Lobi Gedung Utama Tata Niaga. Sidang terbuka wisuda ini dipimpin oleh Direktur PNL, Rizal Syahyadi.

Acara seperti ini perdana di kampus PNL yang menerapkan wisuda dengan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Untuk wisuda hari sabtu berasal dari 3 jurusan (Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Kimia) dengan 13 Program Studi dari Program Sarjana Terapan maupun Program Diploma III dengan jumlah wisudawan 433 orang. Sementara untuk hari minggu ada 3 jurusan juga (Teknik Mesin, Tata Niaga dan Teknologi Informasi dan Komputer) untuk 9 Program Studi, baik dari Program Sarjana Terapan maupun Program Diploma III berjumlah 506.

Wisuda kali ini berbeda dengan kelaziman wisuda biasanya, yang sebelumnya dilaksanakan di Gedung Auditorium PNL. Sebanyak 939 peserta wisudawan Program Sarjana Terapan dan Program Diploma III PNL melaksanakan dengan sistem drive thru.

Perserta yang hadir seluruhnya menggunakan kendaraan bermotor. Sistem drive thru ini untuk mencegah penyebaran virus Corona. Wisudawan sudah datang ke PNL sejak pagi hingga siang hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tata tertibnya, wisudawan di antar di depan Gedung Utama Tata Niaga dengan kendaraan masing-masing. Selanjutnya wisudawan turun dari mobil atau kendaraan menghadap Direktur PNL di lobi gedung utama Tata Niaga. Kemudian diserahkan ijazah asli dan memindahkan tali kuncir toga wisudawan sebagai tanda sudah sah menjadi lulusan PNL.

Yang luar biasanya tahun ini PNL memberikan ijazah dan transkrip dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris serta surat keterangan pendamping ijazah atau sertifikat kompetensi kepada lulusan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PNL lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada semua lulusan.

Uniknya, ada satu perserta wisudawan yang datang dengan menggunakan becak dayung yang sudah dihias. Perserta wisudawan itu adalah Rahmat Saputra dari Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Jurusan Teknik Elektro.

Direktur PNL Rizal Syahyadi dalam pidatonya menyampaikan Lulusan ini merupakan salah satu wujud dan bentuk tanggung jawab PNL kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama PNL. Dalam usianya yang ke-33, PNL telah melantik hamper 20.260 lulusan yang saat ini telah mengisi posisi profesional diberbagai instansi-instansi pemerintah maupun swasta, dan industri-industri skala Nasional, Multi Nasional dan Internasional serta menjadi pengusaha-pengusaha ternama di Propinsi Aceh dan Indonesia.

“Para lulusan adalah duta PNL. Oleh karena itu, kami titipkan nama kampus tercinta ini. Image PNL di masyarakat ada terbawa pada diri Saudara sekalian. Jagalah nama baik almamater tercinta ini. Belajarlah terus sepanjang hayat, almamater selalu menanti anda, capailah gelar yang lebih tinggi, Saudara harus menjadi aset kebanggan bangsa ini, dengan bekerja keras, jujur dan disiplin, lakukanlah perubahan mulai dari diri sendiri, mulai sekarang dan mulai dari yang mudah. Kepada orang tua kami mengucapkan selamat berbahagia atas lulusnya putra-putri Bapak dan Ibu sekalian, dan kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang Bapak-Ibu berikan kepada kami untuk mendidik putra-putri Bapak Ibu sekalian di kampus PNL tercinta ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Rizal Syahyadi menyampaikan bahwa keberhasilan saudara-saudara wisudawan juga berkat jerih payah dan perjuangan orang tua. Kepada para wisudawan saya berharap agar senantiasa menghargai jasa-jasa orang tua dan keluarganya. Insya Allah keberhasilan yang penuh berkah akan saudara-saudara dapatkan, jika saudara-saudara senantiasa menghargai jasa-jasa orang tua dan keluarga yang telah memberikan bantuan dan dukungan demi keberhasilan saudara. Selain daripada itu, apa yang saudara capai pada hari ini, tidak lepas dari jerih payah ke dua orangtua. Setelah wisuda ini selesai, segeralah bersimpuh untuk mengucapkan terima kasih kepada ke dua orang tua saudara-saudara sekalian.

|RIL

Continue Reading
You may also like...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

More in Edukasi

To Top