Terhubung dengan kami

Para Pakar Migas Bicara di Politeknik Lhokseumawe

Uncategorized

Para Pakar Migas Bicara di Politeknik Lhokseumawe

Lhokseumawe – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melalui Bagian Humas dan Kerjasama mendapat full support dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitrasdudi) melaksanakan kegiatan Webinar dengan tema “Peran Pemda dan IDUKA (Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja) Dalam Peningkatan Lulusan PNL” sebagai salah satu upaya untuk memperkuat link and match antara PNL dengan IDUKA dan Stakeholders. Acara virtual tersebut dilaksanakan pada hari Senin (12/10/2020) mulai pukul 10.00 s.d 13.00 WIB yang diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Pimpinan dan Manajemen PNL, Staf Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni PNL.

Webinar ini menghadirkan 3 Narasumber dari IDUKA dan Pemda, diantaranya Azhari Idris (Senior Manager Dukungan Bisnis SKK Migas/Mantan Kepala Plt. Badan Pengelola Migas Aceh/BPMA), Zulfakri Achir (Kepala Proyek NPK Chemical PT Pupuk Iskandar Muda/PIM) dan A. Murtala (Plt. Sekda Kabupaten Aceh Utara).

Narasumber Zulfakri mengatakan PNL adalah salah satu mitra PT PIM, sudah banyak implementasi kemitraaan PIM dan PNL yang dilaksanakan diantaranya Program Magang (setiap tahun sebanyak 75 mahasiswa PNL melaksanakan magang di PIM), Riset Mahasiswa (selama tahun 2019, sebanyak 143 mahasiswa PNL melakukan riset di PIM), Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa PNL di tahun 2019 mencapai 150 mahasiswa, Sertifikasi Mahasiswa (Sertifikat Perusahaan kepada 235 mahasiswa PNL dan Sertifikat BNSP kepada 75 mahasiswa PNL), penyesuaian kurikulum, kuliah umum serta Recruitment Alumni PNL sebagai karyawan PIM.

“Sebagian besar karyawan PT PIM untuk lulusan Diploma di isi oleh Alumni PNL, persentasenya besar sekali, ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan PNL sudah sejalan dengan kebutuhan industri”, pungkasnya.

Sementara Azhari Idris memaparkan tentang strategi peningkatan kualitas lulusan PNL agar lebih mudah terserap di IDUKA melalui Top 10 Employability : communication skills, team work, analytical and problem solving skills, personal management skiils, interpersonal effectiveness, computer/technical literacy, leadership/management skills, learning skills, academic competence in reading and match dan strong work values.

“Di dalam dunia industri, kemampuan akademik tidak cukup untuk memasuki dunia kerja saat ini, tetapi industri mencari lulusan yang memiliki human resources certification, communication skills, the ability to work in a team, project management certifications, information technology skills, problem solving skills, sales/marketing certifications, language certifications, HSE certifications, software certifications, government certifications, media relations certifications, special operator license dan IT programming certification”. Paparnya.
Lebih lanjut Mantan PJ. Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) mengatakan bahwa dengan adanya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), PNL bukan hanya memberikan ijazah dan transkrip kepada lulusan, tetapi ada sertifikat pendamping ijazah atau sertifikat kompetensi yang diberikan kepada lulusan. “Sekarang tinggal bagaimana PNL menyampaikan informasi ini kepada Dunia Industri tentang keberadaan LSP sehingga lulusan PNL akan digunakan jasanya oleh Industri”. Paparnya.

Sementara Narasumber A. Murtala Plt. Sekda Aceh Utara mengatakan bahwa Pemkab Aceh Utara dan PNL sudah lama bekerjasama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik Akademi Komunitas Aceh Utara, Pelatihan Aparatur, Pelatihan IT untuk Santri dan Guru Dayah, Pelatihan Guru di Lingkungan Kabupaten Aceh Utara, pemanfaatan SDM dan lain sebagainya.

“Pemkab Aceh Utara senantiasa mendorong BUMN, BUMD dan Swasta untuk memberikan peluang yang besar bagi mahasiswa dan lulusan PNL atau Perguruan Tinggi yang lain untuk PKL dan Magang Mahasiswa maupun recruitment langsung oleh Perusahaan”, imbuhnya.

Direktur PNL Rizal Syahyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan webinar ini sebagai salah satu wujud nyata dalam upaya kolaborasi antara PNL, Pemda dan IDUKA terhadap pengembangan PNL ke depan sebagai bentuk link and match antara dunia pendidikan dengan IDUKA.
“Kami berharap di webinar ini, akan banyak mendapat saran dan masukan dari Pemda dan IDUKA kepada PNL, sehingga PNL dapat terus berbenah diri menuju Perguruan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN) yang Mandiri, Unggul dan Global sebagaimana harapan masyarakat, harapan pemerintah dan harapan IDUKA”. ujarnya
Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Muhammad Hatta mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama PNL dengan Direktorat Kemitraan dan Penyelerasan Dunia usaha dan Dunia Industri (MItrasdudi) Kemendikbud RI dalam upaya Program Penguatan Humas Kemitraan PNL dengan IDUKA.

Hatta mengatakan, Alhamdulillah pelaksanaan webinar hari ini berjalan sesuai perencanaan, dan peserta yang ikut juga sangat antusias. “Semua peserta akan mendapatkan e-certificate dan akan dikirim ke email peserta masing-masing”. Katanya.

“Tanggal 15 Oktober 2020 kita akan melaksanakan Webinar dengan tema “Kolaborasi IDUKA dan PNL Dalam Menghasilkan Lulusan Yang Berdaya Saing” dengan Narasumber Direktur PNL, Field APO Manager PT Pertamina Hulu Energi NSB & NSO dan Manajemen PT Perta Arun Gas”. Pungkas Hatta.

|RIL

Baca selengkapnya
Rekomendasi...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas