Terhubung dengan kami

5 Titik Panas Terpantau di Aceh

News

5 Titik Panas Terpantau di Aceh

BANDA ACEH | Akibat mulai memasuki puncak musim kemarau dan suhu udara yang meningkat, maka sebanyak lima titik panas terpantau di wilayah Provinsi Aceh. Titik panas itu tersebar disejumlah daerah.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, penyebab terjadinya titik panas karena suhu udara yang cukup panas.

“Suhu udara di Aceh saat ini mencapai 35 derajat dan intesitas hujannya sangat rendah, yaitu hanya 20 milimeter. Akibat suhu udara yang panas, maka sejumlah lahan-lahan gambut menjadi kering dan mudah terbakar,” ujar Zakaria, Minggu, 16 Agustus 2020.

Zakaria menambahkan, berdasarkan hasil pantauan dengan menggunakan Satelit Terra, Aqua dan Suonomi NPP, maka titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Aceh Besar, satu titik, Kota Lhokseumawe, satu titik, Kota Subulussalam ,terpantau tiga titik panas.

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan metode membakar, karena bisa memicu terjadinya panas. Apabila ingin membuka lahan, maka buka dengan cara-cara yang ramah lingkungan.

“Coba bayangkan saja, kondisi lahan gambut saat ini cukup kering akibat cuaca yang sangat panas. Jangankan dibakar, apabila terkena puntung rokok saja bisa menyebabkan terjadinya kebakaran lahan,” tutur Zakaria.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, wilayah Provinsi Aceh sudah mulai memasuki puncak musim kemarau dan diimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, meskipun memasuki puncak musim kemarau, sebagian wilayah Aceh masih berpotensi terjadinya hujan.

“Pada tahun ini, wilayah Aceh memasuki kemarau basah. Meskipun telah terjadi puncak musim kemarau, maka masih ada potensi terjadinya hujan dalam intesitas ringan di beberapa wilayah,” ujar Zakaria, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Baca selengkapnya
Rekomendasi...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas