Terhubung dengan kami

Cek Mad : Rohingnya Kita Tampung, Rawat yang Sakit, Obati yang Covid

News

Cek Mad : Rohingnya Kita Tampung, Rawat yang Sakit, Obati yang Covid

ACEH UTARA Masyarakat Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara menarik kapal motor yang ditumpangi 94 rohingya asal Myanmar ke daratan.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, Kamis (25/6/2020) dihubungi per telepon, menyebutkan dirinya sudah memanggil seluruh pimpinan kantor dan Muspida plus untuk rapat gabungan. Dalam rapat itu disepakati seluruh warga Rohingya ditampung sementara di Kantor Imigrasi Lhokseumawe.

“Tadi saya cek sudah turun ke darat. Muspida sepakat merawat mereka sementara waktu. Atas nama kemanusiaan. Ini yang sakit-sakit kita bawa ke Rumah Sakit Cut Meutia, Aceh Utara,” kata pria akrab disapa Cek Mad ini.

Selain itu, bagi mereka yang dinyatakan positif covid-19 atau corona, maka akan dibawa ke shelter Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. “Kita pastikan standar covid terpenuhi. Tadi kita sudah komunikasi dengan warga Rohingya itu pakai penerjemah. Mereka meminta dibantu kapal yang bagus untuk meneruskan perjalanan ke Australia,” katanya.

Di Australia, sambung Cek Mad, mereka telah memiliki hubungan untuk menetap di sana. Sehingga, penampungan sementara itu untuk memulihkan kondisi fisik mereka.

“Mereka memohon pada kita, agar dibantu kapal. Buat melanjutkan perjalanan. Ini kita cari kapal, TNI AL katanya dalam rapat tadi ada kapal yang bisa digunakan di Sabang. Nanti kapal itu kita berikan ke warga Rohingya,” pungkas Cek Mad.

Sebelumnya diberitakan 94 warga Rohingya terdampar di perairan Seunuddon, Aceh Utara. TNI AL, Polairud dan Imigrasi lalu menarik mereka ke perairan Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Awalnya mereka akan dilepas ke perairan melanjutkan perjalanan ke Australia. Warga protes dan akhirnya kini mereka di darat dan mendapat bantuan warga dan tim gabungan di Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Baca selengkapnya
Rekomendasi...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas