Terhubung dengan kami

Pakai Dana Desa Liburan ke Malaysia, Kepala Desa Aceh Utara Ditangkap

News

Pakai Dana Desa Liburan ke Malaysia, Kepala Desa Aceh Utara Ditangkap

ACEH UTARA – Polres Lhokseumawe menangkap Pj Kepala Desa Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, berinisial IL (41). Pasalnya, pria ini menggunakan dana desa sebesar Rp 325.275.000 juta untuk keperluan pribadi jalan-jalan ke Malaysia.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Indra T Herlambang dalam konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Minggu (23/2/2020) menyebutkan awlanya warga melaporkan dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa tahun 2017 ke Mapolres Lhokseumawe pada 10 Januari 2019.

“Lalu kita pelajari, kita panggil saksi-saksi dan hasil audit dari Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Utara. Total dana desa tahun 2017 di Desa Matang Ulim sebesar Rp 792.034.000. Dari jumlah itu hampir separuhnya digunakan buat keperluan pribadi,” kata Kasat Reskrim.

Dia menyebutkan, penarikan dana desa dilakukan sebanyak empat kali pada bulan September 2017. Seluruh dana itu digunakan untuk keperluan pribadi pejabat kepala desa yang sehari-hari sebagai pegawai negeri sipil di Kantor Kesbangpol Lhokseumawe.

“Awalnya dia ambil Rp 410.275.000 tanpa diketahui bendahara desa. Lalu dia kembalikan Rp 80.000.000 via sekretaris desa. Sehingga sisanya yang dia habiskan sendiri Rp 325.275.000,” terang Indra.

Kasus korupsi dana desa ini untuk kali pertama ditangani oleh Polres Lhokseumawe. Indra mengimbau penggunaan dana desa sesuai aturan untuk kesejahteraan rakyat.

“Jangan ada sepeser pun buat keperluan pribadi. Saat ini, tersangka kita tahan dan dijerat dengan UU Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara, maksimal 20 tahun penjara,” pungkas Indra.

|KCM

Baca selengkapnya
Rekomendasi...

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Ke Atas